Kawah Sikidang, Kawah Aktif Khas Dieng

Kawah Sikidang

View Kawah Sikidang

Dataran Tinggi Dieng memang miliki daya tarik wisata tersendiri. Kawasan ekowisata yang cukup lengkap menyajikan keindahan ciptaan Sang Maha Kuasa. Barisan pegunungan, jajaran perkebunan, kumpulan perkampungan, sejuknya suasana Dieng selalu membuatku nyaman. Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata yang cukup terkenal di kawasan Dieng.

Kawah Sikidang merupakan salah satu kawah yang masih aktif di Kawasa Dieng. Walaupun masih aktif, kawah ini merupakan kawah yang relatif aman untuk dikunjungi dibanding kawah lain di Dieng. Kawsan Kawah Sikidang sebenarnya memiliki banyak mulut kawah yang bermunculan secara acak. Katanya guide, lokasi mulut kawah kayak jejak kijang, makanya diberi nama Kawah Sikidang.

Perjuangan Pak Bakri

Perjuangan Pak Bakri Si Penjual Telur Rebus Kawah

Ada Apa di Kawah Sikidang?

Menurut saya, Kawah Sikidang sangat menarik untuk dikunjungi. Dari kejauhan, Kawah Sikidang memperlihatkan Kebesaran Tuhan dengan kepulan asap belerang yang membumbung tinggi. Kemudian setelah masuk kawasan, Saya bisa merasakan bau belerang yang sesungguhnya. Lebih mendekat kebibir kawah, saya semakin tertarik dengan wujud kawah aktif yang semakin lama semakin membesar. Nah ini spot asik banget buat foto dan merasakan kebesaran Sang Maha Pencipta. Selain itu, saya sangat tertarik dengan Telur Rebus Kawah Sikidang yang dijual oleh Pak Bakri seharga Rp. 4.000. Jika kurang afdol foto tanpa property, kalian bisa sewa Kuda atau Motor Trail yang memang disewakan untuk foto.

Kepulan Asap Belerang dari Kawah Sikidang

Kepulan Asap Belerang dari Kawah Sikidang

Kawah Sikidang lewat mana?

Jalur menuju kawah sikidang cukup mudah ditempuh, baik menggunakan sepeda motor atau mobil. Jika sudah sampai Wonosobo, langsung saja kearah utara menuju Dieng. Setelah ketemu TPR, langsung saja ikuti jalan naik terus sampai ketemu gapura selamat datang. Nah kemudian ikuti jalan sampai ujung ketemu pertigaan, kemudian belok kiri. Nah dari situ ada dua pintu untuk masuk kawasan. Silahkan pilih jalur resmi dan belilah tiket masuk kawasan. Disana sudah ada penunjuk jalan ke parkiran Kawah Sikidang.

Ongkos ke Kawah Sikidang berapa?

Bagian budget adalah yang paling penting sebagai pertimbangan wisata temen-temen. Menurut  pengalaman, rincian biaya yang saya keluarkan yaitu :

Retribusi masuk kawasan Dieng : Rp. 2.000 / orang dan Rp. 1.000 / motor.

Parkir Kawasan Kawah : Rp. 3.000 / motor.

Tiket obyek wisata Kawah Sikidang : Rp. 5.000 / orang (Sabtu)

Telur rebus Kawah Sikidang Pak Bakri : Rp. 4.000 / telur ayam

BBM sepeda motor dari Jogja (PP) : Rp. 40.000

Tips Wisata ke Kawah Sikidang

Beberapa tips berwisata ke Kawah Sikidang, yaitu:

  1. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang Kawah Sikidang.
  2. Siapkanlah budget yang cukup sebelum berangkat.
  3. Persiapkan masker, jaket hangat, pelindung kepala, kacamata dan kaos tangan.
  4. Belilah makanan atau minuman disekitar kawasan (setidaknya kita berbagi rejeki dengan warga sekitar kawasan).
  5. Jagalah kebersihan dan jangan merusak fasilitas yang ada.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman. Segala sesuatu yang kita kerjakan akan bermakna jika dapat membantu orang-orang disekitar kita. Salam #AnakRumput