Teluk Hijau, Percikkan Keindahan Surga.

Teluk Hijau

Teluk Hijau atau Green Bay merupakan salah satu objek daya Tarik wisata (ODTW) yang berada didalam wilayah Taman Nasional Meru Betiri, Jember, Jawa Timur. Teluk Hijau berada dikoordinat S 08°33’39,3” E 113°55’26,8” dapat ditempuh dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, tapi lebih direkomendasikan menggunakan sepeda motor karena jalan yang cukup sempit dan terjal. Pintu masuk untuk menuju Teluk Hijau terletak di Resort Rajegwesi, dengan biaya masuk sebesar Rp. 8.000,-.

POS Jaga Resort Rejegwesi, TN Meru Betiri

POS Jaga Resort Rejegwesi, TN Meru Betiri

Jember, 16 Februari 2014, 11:42 WIB. Akhirnya setelah sekian lama perjalanan dari Banyuwangi, Saya beserta 4 sahabat tiba di gerbang Taman Nasional Meru Betiri Resort Rajegwesi dengan mengendarai mobil pick-up. Ketika kita masuk kedalam rumah orang, maka kita harus meminta ijin kepada pemilik rumah. Begitupula ketika kami ingin masuk kedalam Taman Nasional, kita ijin dulu pada para penjaga.

Setelah mendapatkan ijin masuk, kami bergegas menuju Teluk Hijau sambil menikmati pemandangan. Jalan aspal yang sedikit rusak menjadi gambaran keadaan jalan disini. Kemudian kami harus melewati jalan dengan susunan batu putih yang cukup terjal dan menegangkan. Sangat direkomendasikan menggunakan sepeda motor atau mobil 4×4 dengan ban yang kesat, karena jalan yang sempit, menanjak, dan kurang adanya lokasi parkir yang memadai.

Pemandangannya ajib banget lah

Pemandangannya ajib banget lah

Setelah mendapatkan lokasi parkir, harus tracking kurang lebih 1 jam melewati hutan diatas tebing. Pada saat tracking, jangan sampai melewatkan pemandangan dikiri jalan  yang cukup elok. Susunan tebing dan laut yang berpadu indah menjadikan pemantik semangat menuju Teluk Hijau. Sebelum tiba di Teluk Hijau, kita melewati Pantai Batu dengan keadaan pasir sebesar buah kelapa. Jalur tracking cukup licin ketika musim hujan, direkomendasikan menggunakan sepatu atau sandal outdoor.

Perjalanan kami selama kurang lebih 1 jam terbayarkan dengan keindahan teluk dengan air berwarna hijau beserta hijaunya hutan dan air terjun. Lambaian ombak dengan suaranya yang manja meningkatkan hasrat untuk menyentuhnya. Teluk yang cukup sepi ini sungguh luar biasa, sungguh elok, dan sungguh nyaman. Tidak perlu takut main air laut, karena setelah kami selesei bermandikan air laut ada air terjun yang siap membersihkan pasir ditubuh kita. Disini boleh mandi di teluk maupun air terjun, asal jangan gunakan sabun dan tetap jaga kebersihan demi terjaganya ekosistem yang apik.

Matahari sudah mulai condong kebarat, saatnya kita kembali pulang melewati jalur yang sama. Tidak ada penjual maupun bangunan MCK, jadi direkomendasikan untuk mempersiapkan bekal dan kebutuhan pribadi sebelum sampai kesini.

IMG_1505“Seperti melihat dan merasakan percikkan keindahan Surga, terasa nyata dan dapat digenggam. Ekosistem Teluk Hijau harus terus dijaga, tolong jangan rusak percikkan keindahan Surga ini.” – Farid S Widagdo, 2014.

 

 

 

 

DOWNLOAD Versi PDF :

Teluk Hijau, Percikkan Keindahan Surga.pdf