Perjuangan Puncak Sindoro ±3153 Mdpl

Perjuangan Puncak Sindoro ±3153 Mdpl

Hey.. hey.. Puncak Gunung Sindoro telah terinjak. Setelah sekian lama hanya bisa melihat gunung Sindoro dari jalan raya, sekarang bisa melihat jalan raya dari puncak gunung Sindoro ±3153 Mdpl.

basecamp Kledung

Rabu 14 November 2012

Berangkat dari meetingpoint di daerah UGM jam 22.00 WIB sampai Kledung, Temanggung, Jawa Tengah jam 00.30 WIB. Berhubung  ekspedisi yang kami lakukan bertepatan dengan peringatan Suro (tanggal 1 Suro) maka kami putuskan untuk menginap semalam di basecamp Kledung, dan melakukan pendakian esok hari.

Kamis 15 November 2012

Sebelum melakukan perjalanan pagi itu kami sempatkan untuk mengisi bahan bakar. Apa itu? Yak “NASI MEGONO dan TEMPE MENDOAN”  sarapan kita pagi itu. Berbekal Rp. 2.000,- untuk nasi megono dan Rp. 500,- untuk tempenya sudah merupakan anugerah ditengah dinginnya pagi itu.

Sarapan Megono dan Tempe Mendoan

Okay perjalanan dimulai jam 07.30 WIB. Pertama-tama disuguhi dengan pemandangan perkampungan warga, setelah treking beberapa menit kita dijejali pemandangan ladang warga yang sangat luas dan gunung sindoro terlihat jauh (sedikit mengejutkan, berbahaya bagi mental pendaki).

Perjalanan Sebelum POS 1

Trek menuju POS 1

Dari pos 1 kami bertemu dengan sahabat bolang #eh tiga anak kecil maksudnya yang menemani perjalanan kita. Setelah pos 1 mulailah kita masuk ke dalam hutan pegunungan rendah hingga kami bertemu dengan Pos 2 dengan kejutannya. Apa kejutannya? Ya itu adalah “BAKSO GRATIS”. Kami seluruh rombongan di suguhi bakso oleh 2 warga Kledung yang sudah sejak semalam berada disitu. Ini merupakan makan bakso tertinggi yang pernah kami lakukan.

3 bocah Kledung yang menemani perjalanan

Pemberi bakso di POS 2

Stelah makan bakso gratis mental kami kembali naik, perjalanan menjadi menyenangkan karena terbayang apa lagi yang akan didapatkan selanjutnya. Dari pos 2 menuju pos 3 perjalanan begitu nanjak, sedikit sekali bonus bahkan bisa dianggap tidak ada bonus. Hingga tiba lah kita di pos 3 jam 12.30 WIB dengan kondisi matahari begitu panas dan sudah sedikit dijumpai pohon.  Di pos 3 kami menunggu sedikit mendung untuk melanjutkan perjalanan agar tidak terlalu panas. Karena begitu istimewanya perjalanan yang telah terlewat, hampir semua tertidur disini.

Tidur siang di pos 3

Dari pos 3 kami harus berjuang lebih keras lagi untuk mencapai pos 4. Jalanan mulai bertambah terjal dengan kemiringan lebih dari 45 derajat. Kehilangan tempo nafas selalu terjadi dalam 5-10menit. Dan akhirnya Jam 5 tepat kami sampai di pos 4 (Watu Tatah) dan kami putuskan untuk mendirikan tenda disini.

Pengibaran Bendera Merah Putih di atas Watu Tatah POS 4

Sholat jangan sampai lupa (POS 4)

Sarapan Setelah dari Puncak Sindoro

Packing

Jumat 16 November 2012

Berawal dari Pos 4 jam 03.00 WIB kami melakukan pendakian ke puncak gunung Sindoro. Sangat terlihat jelas lampu-lampu perkampungan dari atas, tidak ada kabut ataupun awan yang menutupi. Begitu dingin hingga tangan kaku dan gemetar, angin begitu kencang hingga tubuh kami seperti terdorong-dorong.

Hingga akhirnya…. kami sampai dipuncak ±3153 mdpl! Sungguh luar biasa sunrise disini, sungguh indah kebesaran Tuhan. Subhanallah!

Sunrise Puncak Sindoro 3153 mdpl

Perjalanan yang begitu panjang, perjuangan menahan dingin, penantian puncak, dan pertarungan mental, terbayar sudah disini. DI PUNCAK GUNUNG SINDORO ±3153 MDPL!

Landscape Puncak

Landscape 3 gunung yang luar biasa. Sebuah kerajaan diatas awan dengan segala misteri yang tak akan terpecahkan. Alam membahagiakan manusia dengan hanya melihatnya, tidak selalu dengan menghancurkan atau mengeksploitasinya!

Kawah puncak Sindoro

Puncak jam 07.00 WIB

Puncak bisa untuk main bola