Kebun Raya Cibodas yang Katanya Surga Dunia bagi Wisatawan Arab

Bro.. bro.. dan sist.. sist.. Saya mau lanjut share tempat yang saya kunjungi dalam rangka Jelajah Konservasi 2012. Sekarang saya mau share tempat yang namanya itu KEBUN RAYA CIBODAS yang terletak sekitar TNGG Pangrango.

Ini tempat cukup maksimal kalo buat penelitian tentang tumbuh-tumbuhan. Apa lagi banyak koleksi yang tersedia di tempat ini, dari pohon-pohon sewajarnya di Indonesia sampe pohon yang di eksport dari negri Matahari Terbit Jepang (sebut saja sakura). Sebuah tempat yang dijuluki dengan Sakura Garden terdapat disini, sayangnya waktu saya kesitu belum berbunga (padahal romantis untuk pacaran).

Lokasi ini didirikan tanggal 11 April 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann (kenapa bukan orang Indonesia ya?). Tempat ini cukup luas untuk dijelajahi dengan sepasang kaki kita. Jika dirasa tidaklah kuat untuk jalan-jalan mengelilingi Kebun Raya ini disarankan untuk menaiki kereta yang tersedia dengan harga cukup Rp. 5000,- saja.

Setelah asik naik kereta tibalah untuk jalan kaki lagi menuju Taman Kaktus dan Taman Lumut yang eksotis itu. Sebelum kita sampai ke Taman Kaktus (isinya kaktus segede semangka) kita bakal dipamerkan sebuah rumah atau villa yang bisa disewa siapa saja dengan pemandangan sekitar Kebun Raya. Untuk masalah harga saya kurang tau sih, tapi kalo dilihat dari bentuknya pasti lebih mahal dari pada kamera SLR yang kalian punya untuk satu malamnya.

Taman kaktus ini terdiri dari 289 jenis kaktus yang terdapat dalam sebuah rumah kaca yang besar. Tetapi untuk taman kaktus ini tidak diijinkan masuk dan hanya bisa melihat dari luar rumah kaca saja (sayang sekali ya, tapi demi keamanan jumlah koleksi.hehe).

Selain taman kaktus yang jadi iconnya (bukan ikannya) Kebun Raya Cibodas ada yang namanya Taman Lumut yang begitu lumut abis (imut abis kali bos). Dalam taman ini terdapat 216 jenis lumut yang tertempel pada batu-batu yang sudah disusun membentuk istana lumut. Area ini juga sangat dilarang untuk berjalan masuk area kandang lumut, karena sangat berbahaya bagi si lumut dan si manusia yang berpeluang untuk terpeleset.

Oke sekian laporan dari KEBUN RAYA CIBODAS selama setengah hari (beberapa jam saja tepatnya). Terus explor surga dunia yang tercecer di Indonesia tercinta.

Mejeng dulu ah……