Gambar Catatan Kaki

Halo mas dan mbak penikmat blog dimanapun anda berada. Dipost ini saya akan share tempat-tempat yang pernah saya duduki. Tapi dipost ini hanya berbagi tempat yang ada fotonya saja, jadi masih banyak tempat yang saya duduki namun tidak sempat diabadikan. Post ini semoga bisa menjadi rujukan bepergian anda-anda sekalian yang ingin menikmati tempat yang pernah saya nikmati.

Alun-alun Solo (SOLO)

16 Mei 2010. Saat menginjakkan kaki di Alun-alun Solo pertama kali pada tanggal 16 Mei 2010. Saat itu saya masih duduk dibangku kelas 2 Sekolah Menengah Atas. Saya bersama dengan teman-teman berangkat dari Jogja menggunakan mobil Toyota Kijang. Posisi saya sebagai supir antarkota antar provinsi, sedangkan salah satu temanku sebagai sopir dalam kota. Waktu itu tidak ada dari kami yang mempunyai SIM A, tetapi Alhamdulillah masih selamat pulang pergi tanpa kendala.

Batu Night Spectacular (MALANG)

6 November 2010. Batu Night Spectacular terletak di kabupaten Malang, Jawa Timur yang merupakan pasar malam yang begitu istimewa. Didalamnya seperti TMII atau semacam tempat berisi permainan-permainan yang asik dan menarik untuk diicip. Saya menginjakkan kaki disini pada 6 November 2010 bersama rombongan siswa dari sekolahku dalam rangka studi banding. Di BNS ini kami makan malam didepan pertunjukan tari air mancur yang begitu eksotis dan tak terlupakan.

Gardu Pandang Merapi (DIY)

14 Juni 2009. Bersama keluarga besar bermalam disalahsatu vila yang berada di Kaliurang. Pada pagi harinya kita gunakan untuk berjalan dan sedikit treking menuju Gardu Pandang Merapi ini. Sekarang tempat ini sudah rusak karena letusan Gunung Merapi tahun 2010 lalu, dan tepat dibelakang saya foto itu sudah rata dengan pasir tanpa ada vegetasi yang tumbuh.

Gunung Api Purba Nglanggeran (DIY)

10 Desember 2011. Menyaksikan terbenamnya matahari dari puncak gunung api Purba Nglanggeran ini sungguh membuat merinding akan kebesaran-Nya. Begitu indah dengan pemandangan bukit-bukit, sawah, dan hutan-hutan yang berjajar mengitarinya. Treking menuju puncak ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dengan bonus 3 tempat dengan pemandangan manis nan romantis.

Hutan Pinus Imogiri (DIY)

23 Maret 2010. Hutan Pinus Imogiri ini termasuk daerah hutan konservasi yang cukup luas, namun ditempat ini sering digunakan untuk pemotretan dari berbagai penjuru kota. Kebetulan saat itu kami bersama teman dari Magelang yang doyan foto-foto, sehingga jadilah pemotretan disini. Namun pengunjung wajib berhati-hati karena banyak preman kecil.

Jawa Timur Park I (MALANG)

6 November 2010. Dalam rangka study banding, saya dan teman-teman diberi kesempatan dari pihak guru untuk mampir ke sebuah taman rekreasi yang paling bagus didaerah malang. Wahana yang paling membekas diingatanku adalah kolam renang dengan segala permainan airnya. Dari sekian banyak orang, hanya empat orang termasuk saya yang berani berenang saat itu karena begitu dinginnya tempat ini.

Kopi Joss (DIY)

23 Maret 2010. Muka kusam, badan lelah, ketek bau asem, perut sudah lapar dan tujuan selanjutnya adalah kopi joss. Inilah wujud kami saat mengantar para wanita dari Magelang berjalan-jalan diseputaran Jogja. Disini akhir dari perjumpaan kami saat itu, karena para sahabat dari kota sebelah sudah akan pulang. Sebenarnya bukan hanya sekali saya kesini, namun yang diabadikan dengan foto hanyalah saat seperti ini.

Kota Tua (Jakarta)

14 Februari 2012. Bangunan tua yang berjajar rapi disamping jalan dengan dominasi warna putih kusam membuat nuansa Kota Tua ini semakin terlihat tua. Ketika saya berkunjung, ditempat ini sedang berlangsung bazar sehingga suasana sangat ramai akan kepala manusia dan barang dagangan.

Makam Raja Imogiri (DIY)

23 Maret 2010. Bangunan mirip candi dengan puluhan anak tangga yang menghiasi perjalananku menuju tempat pemakaman raja-raja Keraton. Ketika kami sampai pada pendopo, kami dipersilakan duduk dan diberi segelas air putih untuk diminum. Persiapkanlah uang untuk membayar guide yang datang secara tiba-tiba, karena tanpa kita sadari guide itu terus menuntun kita.

Makam Raja Kotagedhe (DIY)

23 Maret 2010. Lokasi ini mirip dengan makam raja di Imogiri, namun yang membedakannya yaitu tidak ada anak tangga yang begitu banyak. Makam ini terletak disamping Masjid Besar Kotagedhe.

Masjid Besar Kotagedhe (DIY)

23 Maret 2010. Mampir sholat Dzuhur dulu di Masjid Besar Kotagedhe setelah makan bersama di Dapur Sambal bersama teman-teman dari kota sebelah. Masjid ini masih terlihat kesan kunonya, begitu indah jika dipandang dan begitu menyejukan begitu digunakan.

Museum Bank Indonesia (JAKARTA)

14 Februari 2012. Berkunjung ke salahsatu bagunan tua yang berada di Kota Tua Jakarta dan ternyata sebuah Museum Bank Indonesia. Kami datang terlalu sore bahkan menjelang tutup, namun berkat kelihaian bernegosisasi akhirnya diperbolehkan masuk walau hanya sebentar. Saat menjelang akhir dari perjalanan didalam museum, sedang berlangsung pula shooting acara Bolang Trans7.

Pelabuhan Sunda Kelapa (JAKARTA)

15 Februari 2012. Dari stasiun Jakarta Kota naik bajaj warna biru berbahan bakar gas hingga sampai ke sebuah pelabuhan. Berjajar puluhan perahu yang sedang bongkar muat maupun beristirahat dibawah teriknya matahari. Sembari melihat aktivitas pelabukan, menikmati es jeruk pada warung tegal yang tersedia disini sungguh terasa menyenangkan.

Puncak Gunung Merbabu (JATENG)

15 Oktober 2011. Merbabu adalah gunung yang pertama kali ku daki. Hanya menggunakan sepatu sekolah, saya berhasil menaiki gunung Merbabu. Walaupun belum sampai puncak tertinggi namun ini adalah pencapaian luar biasa untuk pemula tanpa ada profesional disitu.

Stadion Maguwoharjo (DIY)

26 Desember 2011. Tidak semua orang bisa menginjakan kaki dirumput mahal stadion Maguwoharjo ini. kebetulan sekali saya bukan seorang pemain sepakbola, tapi saya sudah merasakan betapa empuknya rumput disini. Bermodal baju pemain dan sepatu bola yang semuanya pinjam dari temanku, saya dapat berdiri ditengah lapangan hijau ini.

Stasiun Jakartakota

15 Februari 2012. Stasiun yang merupakan stasiun pertama di Jakarta ini telah ku jelajahi. Walaupun hanya sebentar namun melihat bentuk bangunan yang begitu tua dan masih terlihat keasliannya ini, saya merasa dibawa kembali kezaman Belanda menguasi Jakarta.

Universitas Indonesia (JAKARTA)

14 Februari 2012. Kulangkahkan kakiku kedaerah hijau wilayah kampus Universitas Indonesia yang terkenal akan Bikun (bis kuning) nya. Sudah sempat mencicipi minuman disebuah kantin fakultas ekonomi dan bertemu dengan anak pejabat. Daerah ini cukup bersih dan rapi dibanding wilayah pemukiman disekitarnya.

Universitas Sebelas Maret (SOLO)

16 Mei 2010. Bersama 5 orang teman, saya berkunjung untuk melihat kondisinyata dari Universitas Sebelas Maret yang biasa disebut UNS. Disini kami mengunjungi stadion, masjid, dan sebuah tempat mirip tempat pertunjukan seni. Suasana cukup sepi dan sangat hijau hingga terasa udara lebih dingin.

Demikian adalah beberapa tempat yang pernah kujelajahi dan sempat aku abdikan dalam bentuk foto. Masih banyak tempat yang belum aku abadikan dalam wujud foto, namun telah aku abadikan dalam ingatan dan hati. Sekian share info tempat yang dapat saya sampaikan.